Selasa, 05 November 2024

Penggunaan Rumus dan Fungsi

 Rumus  dan  fungsi  dalam  Excel  mempunyai  pengertian  yang  berbeda,  rumus  berupa instruksi matematika dalam suatu sel/range dalam lembar kerja dengan operator aritmatik seperti : +,-,%,/,* dan ^. Sedangkan Fungsi merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses perhitungan. Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai diantaranya fungsi tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial, statistik, lookup dan referensi, database, teks, dan lain-lain.

1.       Menggunakan Rumus (Formula)

Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah ;

Lambang Fungsi:
+          Penjumlahan
–           Pengurangan
*          Perkalian
/           Pembagian
^          Perpangkatan
%         Persentase

Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang
(-).

2.         Macam-macam formula

1. =SUM(…)

Fungsinya        : Untuk melakukan penjumlahan

Bentuk umum : =SUM(range sel)

Contoh            : Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15

Penulisan         : =SUM(H5:H15)

2. =COUNT(…)

Fungsinya        : Untuk melakukan counter

Bentuk umum : =COUNT(range sel)

Contoh            : Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15

Penulisan         : =COUNT(B5:B15)

3. =MAX(…)

Fungsinya        : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)

Bentuk umum : =MAX(range sel)

Contoh            : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17

Penulisan         : =MAX(F1:F17)

 

4. =MIN(…)

Fungsinya        : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)

Bentuk umum : =MIN(range sel)

Contoh                        : Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17

Penulisan         : =MIN(F1:F17)

5. =AVERAGE(…)

Fungsinya        : Untuk mencari nilai rata-rata

Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)

Contoh            : Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari

sel A11 sampai A17

Penulisan         : =AVERAGE(A11:A17)

 

 

 

6. =ABS(…)

Fungsinya        : Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan mutlak

(absolut)

Bentuk umum : =ABS(range sel)

Contoh            : Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di sel F17

Penulisan         : =ABS(F17)

7. =SQRT(…)

Fungsinya        : Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan

X tidak boleh negatif

Bentuk umum : =SQRT(range sel)

Penulisan         : = SQRT(25)

8. =IF(…;…;…)

Fungsinya        : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)

Bentuk umum: =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)

Contoh            : Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.

Penulisan         : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”) (artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL)

 

 

 

 

Keterangan :

Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maka kerjakanValue_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false 9. =DATE(Year,Month,Date)

Fungsinya        : Untuk menghitung jumlah hari

Contoh            : =DATE(73,8,11) à 26887 hari

10. =VLOOKUP

Fungsinya        : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal

Bentuk umum: =VLOOKUP(lookup_value; table_array;

Col_index_num; Range_lookup)

 

 

 

 

 

11. =HLOOKUP

Fungsinya        : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal

Bentuk umum: =HLOOKUP(lookup_value; table_array;

Col_index_num; Range_lookup)

12. =LEFT(…;…)

Fungsinya        : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebelah kiri

Bentuk umum: =LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)

Contoh            : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di

sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf

Penulisan         : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb

13. =RIGHT(…;…)

Fungsinya        : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebelah kanan

Bentuk umum: =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)

Contoh            : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di

sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf

Penulisan         : =RIGHT(F17;3) à hasilnya ari

14. =MID(…;…;…)

Fungsinya        : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu

Bentuk umum: =MID(teks;start_number; number_char)

Contoh            : Misal kita akan mengambil karakter baru yang

ada di sel F17 (Februari)

Penulisan         : =MID(F17:3:3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATIHAN

  1.        Formula dalam Ms Excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata dari suatu data adalah.... a. SUM b. MAX c. AVERAGE d. MIN ...