Selasa, 22 Oktober 2024

Lembar kerja Ms.Excel

 

Lembar kerja Ms.Excel disebut juga Worksheet terdiri dari banyak sheet, seperti pada gambar berikut:



  • CELL adalah gabungan dari kolom dan baris. contohnya sel A1 berarti sel tersebut terletak di kolom A baris 1
  • RANGE adalah gabungan dari beberapa CELL
  • COLUMN adalah sel berurutan ke bawah. 
  • ROW adalah sel berurutan ke samping

A. Memindahkan Sel Aktif (Cell Pointer)

Ms.Excel juga menyediakan fungsi untuk memindahkan sel aktif (Cell Pointer) dengan menggunakan keyboard. Ada beberapa cara untuk memindahkan Cell Pointer :

 

 

TOMBOL

FUNGSI

←↑→↓

Memindahkan satu sel ke kiri, kanan, atas atau bawah

Enter

Pindah satu sel ke bawah

Home

Pindah ke kolom A pada posisi baris yang aktif

Ctrl+Home

Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif

Ctrl+End

Pindah ke sel terakhir pada lembar kerja yang sedang digunakan

PgUp

Pindah satu layer ke atas

PgDn

Pindah satu layer ke bawah

Alt+PgUp

Pindah satu layer ke kiri

Alt+PgDn

Pindah satu layer ke kanan

Ctrl+PgUp

Pindah dari tab suatu lembar kerja ke tab lembar kerja berikutnya

Ctrl+PgDn

Pindah dari tab suatu lembar kerja ke tab lembar kerja sebelumnya

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATIHAN

  1.        Formula dalam Ms Excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata dari suatu data adalah.... a. SUM b. MAX c. AVERAGE d. MIN ...