Selasa, 14 November 2023

Cara Mengoperasikan EMAIL


EMAIL

E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. 

E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang murah. 
A. Manfaat/kegunaan e-mail

1. Media komunikasi

E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal atau umum (komunitas).

 2. Media pengiriman

Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.

 3. Efektif, efisien, dan murah

Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.

4. Media promosi

Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.

5. Media informasi

Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.

6. Membuat blog atau website

Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website.

7. Sosial media

Dengan e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau google.

B. Jenis Email

1. POP mail (e-mail berbasis POP)

E-mail berbasis POP (Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya.

Kelebihan e-mail berbasis POP adalah dapat dibaca pada kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan kembali komputer ke internet dan mengirimkan balasan e-mail yang sudah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses internet menjadi lebih murah.

 

Kekurangan dari POP mail, yaitu kita tidak bisa membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin melakukan di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang. Selain itu, jika menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya berdasarka file yang didownload, bukan berdasarkan lama koneksi, maka biaya yang dikeluarkan akan sama saja.

2. Web based mail (e-mail berbasis web)

Web based mail adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dan lain-lain. Kelebihan web based mail adalah biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan. Selain itu, kita juga dapat mengecek e-mail dari mana saja. Kekurangan dari jenis e-mail jenis ini adalah pembacaan e-mail hanya dapat dilakukan pada kondisi online, sehingga membutuhkan biaya koneksi ke internet yang lebih besar. Meskipun demikian, beberapa website penyedia jasa layanan e-mail disertai dengan fasilitas POP3.

3. E-mail forwarding

E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat untuk orang-orang yang suka berganti-ganti alamta e-mail. Kelebihan e-mail forwarding adalah kita bisa menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya. Selain `itu, bila kita mengganti alamat e-mail, kita tidak perlu memberi tahu alamat e-mail yang baru. Cukup memberikan alamat e-mail forwardingnya. Kekurangan e-mail jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat yang lain. E-mail tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.

A.    Langkah-langkah membuat account E-mail

Berikut ini langkah-langkah membuat e-mail :

1.      Masukkan alamat webnya melalui mozilla atau internet explorer, pada panduan ini menggunakan mozilla

2.      Maka akan muncul jendela website yahoo.co.id sebagai berikut lalu klik daftar :

A.    Lengkapi Biodata Pribadi Anda pada Kotak Isian yang Telah Disediakan,

B.     Tentukan Kata Sandi (kata sandi berfungsi untuk membuka email anda nantinya) dan ID email (nama email anda, misal nama email yang anda pilih adalah radenhutagalung, maka alamat emailnya menjadi radenhutagalung@yahoo.comdibaca : radenhutagalung[et]yahoo[dot]com[com]),

dalam membuat email, anda harus mengingat nama email anda serta kata sandi anda, karena kedua hal tersebut akan selalu anda gunakan pada saat anda akan membuka email anda nantinya !!!

1.      Membuat kata Pertanyaan serta Jawaban Pertanyaannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menanggulangi jika suatu saat nanti anda lupa kata sandi yang telah anda buat.

Anda harus membuat atau memilih pertanyaan, dimana jawabannya yang akan selalu anda ingat !!

1.      Langkah membuat email selanjutnya adalah Tulis Ulang Kode Validasi pada Kotak isian yang Telah disediakan, Lalu Klik Buat Account Saya. Seperti terlihat pada Gambar Berikut :

2.      Jika Proses Pendaftaran Sukses, Maka akan Muncul Tampilan sebagai berikut :

3.      Selamat…. Anda sudah memiliki alamat email

B.    Membuka E-mail

Jika anda sudah memiliki alamat E-mail disaran satu situs webmail, untuk membaca dan mengirim E-mail anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Dengan menggunakan browser di internet, masuki situs situs webmail anda, masukan nama user (user ID) besrta password anda dengan benar, kemudia tekan enter atau klik tombol sign up.

C.     Melampirkan File pada Email

1.      Bukalah email anda

2.      Klik New di bagian atas jendela sebelah kiri, untuk menulis atau mengirim email.

A.    Setelah di klik New, kita akan dihadapkan pada kotak isian surat Yahoo.
Silakan isi seperti contoh berikut, mulai dari alamat yang dituju, subject dan isi surat kita.

B.     Setelah yakin, semua isian surat kita isi, cari di bagian atas, tombol Attach.
Tombol ini akan menghubungkan email kita dengan lokasi dimana kita menyimpan file atau foto yang akan kita kirimkan lewat email.

C.     Selanjutnya Yahoo akan mulai melampirkan file atau gambar yang kita sisipkan lewat tombol attach tadi. Ini sama dengan proses Upload atau mengirimkan data ke internet.
tombol Cancel berfungsi untuk membatalkan file yang akan dilampirkan.
tunggu sampai proses scanning selesai….

D.    Jika proses scanning selesai tampilannya maka seperti Seperti ini……Jika proses scanning sudah selesai, akan muncul tombol remove di sebelah kanan file atau gambar yang akan kita kirimkan, yang berfungsi untuk menghapus lampiran file tersebut, jika memang tidak jadi dilampirkan dan akan diganti dengan flampiran lainnya.
Untuk melampirkan file atau gambar lainnya, kita tinggal meng-klik lagi tombol Attach untuk meng-upload file ke email.

E.     Jika semuanya sudah yakin terisi dan file yang akan kita lampirkan sudah muncul di bagian lampiran (diantara subject surat dan isi surat)
Maka langsung kita tekan Send (=kirim)

D.     Membaca Pesan Email Yahoo

§  Login ke email yahoo http://yahoo.com/ atau http://yahoo.co.id/

§  Klik Sign in/ masuk

§  Pada kotak ID yahoo : tulis alamat email

§  Pada kotak Sandi : isi dengan password/ kata sandi 

§  Klik “Mail”

§  Bila ingin membaca pesan inbox/ pesan masuk, klik “Judul Pesan”

§  Bila tidak ingin membaca Pesan Masuk Centang/ klik kotak kosong sebelah kiri dibawah tulisan DELETE (Jangan klik tulisan DELETE), lihat gambar

§  Lalu klik Action/ Tindakan

§  Pilih “Mark as Read/ Tandai sudah dibaca”

§  Maka Angka pada “Inbox/ Pesan Masuk” akan hilang

E.    Membalas Email

1.      Klik pesan untuk membukanya.

A.    Klik tombol “Balas” yang berada di atas Kotak Masuk. Jika Anda ingin membalas ke setiap orang yang menerima email (jika Anda adalah anggota kelompok yang menerima email tersebut), klik panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih “Balas Ke Semua.” Dengan cara ini, balasan Anda akan dikirim kepada semua penerima pesan asli dan juga ke pengirimnya.

B.     Jendela Tulis akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima lainnya, Anda dapat mengetikkan alamat email tambahan.

Tergantung pada pengaturan “Tindakan Pesan” (lihat kotak di bawah), Anda akan melihat semua, sebagian, atau tanpa pesan asli si pengirim (pesan yang sedang Anda balas) di jendela Tulis.

Untuk menyesuaikan pengaturan ini:

1.      Klik “Opsi” di sudut kanan atas halaman Yahoo! Mail Anda

2.      Di bawah “Manajemen” klik “Preferensi Umum.”

A.    Anda dapat memilih, apakah Anda akan menyertakan semua, sebagian atau tanpa pesan asli dalam pesan balasan Anda. Jika Anda membuat perubahan,klik tombol “Simpan” di sudut kiri atas atau bawah.

Jika Anda memilih untuk menyertakan pesannya, Anda akan melihatnya di jendela Tulis dengan simbol “>” yang diulang di bawah margin kirinya.

1.      Ketik balasan Anda. Jika Anda memilih untuk menyertakan pesan asli si pengirim dalam balasan Anda, Anda dapat mengetik di bagian atasnya, di bawahnya, atau bahkan di dalam pesan si pengirim itu sendiri — untuk merespons secara ringkas pada bagian-bagian yang berbeda dari email mereka. Lihat contoh di bawah ini. Klik kursor di mana saja untuk mulai mengetik.

2.      Klik “Kirim” untuk mengirim balasan Anda.

F.    Menghapus Email

1.      Buka email anda

A.    Buat folder baru dengan klik “Add new” pada bagian folder mail di bagian kiri halaman emai anda, kemudian masukkan nama folder

B.     Buat filter (penyaring) email masuk dengan menekan link Option > Create filter

                                i.            Tentukan nama filter, kemudian Pada form isian berjudul “From” isikan dengan alamat email yang disaring, misal “facebook”

                              ii.            Untuk tutorial lengkap pembuatan filter mail pada yahoo klik di sini

Sampai pada tahap ini, Anda telah siapkan untuk hapus email dari sumber tertentu dengan cepat, berikut langkanya:

1.      Klik folder tempat email yang telah difilter, misal sebelumnya anda membuat folder “facebook” untuk menyaring email dari facebook, maka klik icon folder facebook pada blog folder di bagian kiri halaman email anda.

2.      Centang dengan klik kotak select di bagian judul, langkah ini akan menyeleksi semua email yg masuk pada folder tersebut

klik tombol/link delete, kemudian tekan “yes” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATIHAN

  1.        Formula dalam Ms Excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata dari suatu data adalah.... a. SUM b. MAX c. AVERAGE d. MIN ...