Perangkat Keras Komputer
A. Perangkat
Keras dan Fungsinya
Berdasarkan fungsinya, perangkat
keras komputer dibagi menjadi:
1 . input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4 Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar komputer terdiri dari
input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan
mouse. Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication,
Registers dan control section). Output device terdiri dari monitor dan printer.
Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic
tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen
Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum
ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya :
TV Tuner card, Modem, capture card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device atau unit
masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalahkeybbard dan mouse,
keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang
biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian
scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat
dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan
suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Berdasarkan sifatnya, peralatan
input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
- Peratalan input langsung, yaitu
input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya :
keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
-Peralatan input tidak langsung,
input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat
pemroses. contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan
input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter, khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukaan, Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis
dan cepat dibanding dengan keyboard.
Sebagian
besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan
yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan
tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat
kita temukan pada laptop dan notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari Biasanya
unit ini digunakan sebagai penganti mouse.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik
yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games paddle
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanyiberbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk
kotak-kotak atau garis-garis tebil vertical yang kemudian diterjemahkan dalam
bentuk angka-angka. kode-kode ini biasanya menempel pada produk- poroduk
makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang
dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian
disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin foto
copy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas
sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu
sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat
disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Selain
scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi
lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar
jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban
Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari
iampu sensor yang disetut Optik, vang dapat mengenali jenis pensil 28. Scanner
yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan
biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition)
untuk meng-copy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
h. Kamera Digital
Kamera ini dinamakan dengan
Kamera Digjtal dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan
dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari
kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan & kepraktisan alat
ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak
memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk
merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk
mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design
(CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan
menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk
menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua
jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan
memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat
permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y.
Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada
bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar